Thursday, March 17, 2011

Ganti background foto dengan latar belakang berbeda (Adobe Photoshop)

pasti salah satu dari sekian banyak orang yang senang membuka buka album foto anda sendiri ataupun foto-foto anda bersama teman-teman anda, pasti dari sekian banyak foto tersebut terdapat beberapa foto yang menurut anda fose anda sangat bagus, namun anda merasa ada yang kurang dengan latar belakang foto (menurut anda mungkin kurang exotic).Keinginan anda sudah pasti sama dengan yang lainnya yaitu bagaimana jika moment fose anda tersebut dapat anda ubah-ubah latarnya (backgroundnya) sesuai dengan selera anda, dan yang pasti anda sudah tahu utility apa yang bisa melakukan hal tersebut, namun anda masih bingung untuk memulainya. Nah jika demikian mari kita mulai saja dengan menyediakan apa apa saja yang diperlukan, salah satunya adalah Software Adobe Photoshop (Bisa menggunakan versi CS3 ke atas, dan yang lainnya siapkan diri anda untuk sejenak berkonsentrasi pada petunjuk seperti yang tertulis pada postingan ini.


Melakukan penghapusan latar belakang untuk sebuah objek photo kesayangan sangat memakan waktu, tenaga dan konsentrasi yang melelahkan, jika tanpa kesabaran dan petunjuk lengkap akan membuahkan hasil yang kurang memuaskan bahkan malah membuat stress para pemula, namun untuk hasil yang baik hanyamungkin jika Anda memahami cara kerjanya. Dalam “tute” ini, kita akan melihat semua opsi pada tool ini danmenggunakannya untuk mengekstrak background dari gambar kita.

Perlu diingat Alat ini berfungsi dengan baik bila latar belakang mempunyai warna yang sama, misalnya, seseorang dengan warna padat (tidak mempuyai variasi warna yg terlalu banyak) atau langit yang cerah, dan sekali lagi perlu anda ketahui.... ini adalah trik jitu adobe photoshop jadi anda akan terkaget-kaget dengan hasil kerja anda nanti, OK langsung Goooooo!!!!!!!....

1. Sebagai contoh latihan kita memilih gambar yang lumayan sulit, karena gadis itu memiliki rambut kusut dankita ingin menyimpannya untuk diletakkan diberbagai tempat sesuai yang kita inginkan.

2. Dari Kotak toolbox, pilih background eraser tool

3. Ketika alat ini dipilih, palet kontrol akan menampilkan pengaturan default. Pilih tombol 3, Sampling:Foreground Swatch ini hanya akan menghapus warna latar depan. Atur toleransi hingga 25%

Pastikan Protect Foreground Colour dicentang. Memilih opsi Sampling: Foreground Swatch memungkinkan Anda untuk mencoba warna latar belakang yang paling menonjol dalam gambar Anda, sehingga penghapusakan mengabaikan kontras piksel warna.

Memilih Protect Foreground Colour memungkinkan Anda untuk mencoba warna foreground untuk melindungidari penghapusan.

4. Sekarang kita perlu mecoba warna latar belakang untuk menghapus. Pilih carikan latar belakang di kotak peralatan Anda, dan double klik untuk membuka panel warna.

5. Pilih warna latar belakang dengan “pipet” (berbentuk pipet), klik kanan untuk memilih rata-rata 51X51. Ini akan memastikan bahwa area sampel akan lebih besar dari satu pixel, begitu banyak nuansa cahaya biru akan dimasukkan bukan hanya pixel biru tunggal.
Selanjutnya, pilih latar depan untuk melindungi (saya akan mulai dengan rambut gadis itu) Saya akan menggunakan rata-rata 11×11 untuk ini. Perhatikan warna pada latar belakang saya dan swatch latar depan.


6. Pilih ukuran besar yg bagus (sesuai kenyamanan mata anda) untuk brush. Gunakan CTRL (CMD) dan tombol braket ({}) untuk mengubah ukuran kuas.

7. Pikirkan Brush sebagai semacam magic wand tool, yang menghapus pilihan berdasarkan warna itu . Semakin banyak warna yang hadir dalam “area” sikat, karena photoshop akan berpikir itu adalah warna latar belakang, dan kemudianmenghapusnya.

8. Anda sekarang telah lebih dekat pada tepi area objek, ingatlah bahwa Anda ingin lebih warna yang akan dihapus, dari warna yang dilindungi, di bawah brush!

9. Perhatian bahwa untuk memilih lebih banyak tepi fiddly, posisikan tengah brush di atas rambut biru muda, bukan pada rambutnya.


10. Pengaturan ini akan tetap berlaku untuk daerah yang sama, begitu kita sampai ke daerah-daerah dengan warna yang berbeda, misalnya blus gadis itu, kita perlu memilih warna yang berbeda untuk ‘melindungi’ – gunakan pipet untuk memilih warna foreground baru, klik kanan untuk pilih rata-rata 51X51 pixel.

11. Anda akan perlu untuk mengubah warna latar depan dan latar belakang sesering Anda bekerja melaluigambar.

12. Sekarang buka gambar lain, mungkin sebuah gambar outdoor seperti pantai atau jalan yang ramai.Tempel pemilihan gadis di tempat yang dikehendaki, mengubah ukuran untuk disesuaikan dan menyingkirkan setiap daerah putih liar dengan brush penghapus yang halus.



13. Untuk merapikan tepi-tepi putih pun nyasar sekitar rambut, kita akan gelapkan beberapa bagian gambar> Pilih Burn Tool


14. Dari Range drop-down Option, pilih highlight dan eksposur sebesar 25% atau sekitar itu.

15. Sekarang beralih ke tepirambut untuk menggelapkan (burn) setiap stray highlights atau lingkaran cahaya putih pada tepi.

16. Sentuhan Terakhirku (puitis abizz):

Image> adjustments > level untuk meningkatkan kontras tonal di latar
belakang untuk menyesuaikan gambargadis. Ini adalah perbaikan cepat
dan kotor, Sebagai tutor ini adalah tentang latarbelakang alat
penghapus,bukan mengenai level.Posisi gadis, matanya sejajar dengan cakrawala, untuk membuat perspective kredibel.

Anda luar biasa!

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.